Blog Archive

Rabu, 02 Desember 2015


M O  D  U  L
MATA PELAJARAN EKONOMI
KELAS X SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013













Penyusun:

WIDIA MURNIASIH
NIP. 19731017 199803 2 006





                                                    PEMERINTAH KABUPATEN PROBOLINGGO
                                                                           DINAS PENDIDIKAN
                                                                      SMA NEGERI 1 DRINGU
                                                                      Jalan  Yos Sudarso Pabean  Telp / Fax (0335) 420309 Dringu  Probolinggo

Cetakan pertama





LEMBAR DOKUMENTASI PERPUSTAKAAN



MODUL
" MATA PELAJARAN EKONOMI "
KELAS X SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013




Ditulis dalam rangka meningkatkan pelaksanaan Belajar  Ekonomi siswa-siswi SMAN 1 DRINGU



Didokumetasikan pada Perpustakaan SMAN 1 DRINGU Kabupaten Probolinggo




                                                                                  Probolinggo,  1  Juli  2012
Mengetahui                              
Kepala SMA Negeri 1 Dringu                                                              Penanggung Jawab Perpustakaan ,


ADIN BUDI SATRIYO, S.Pd                                                               TUTUT ASTUTI, S.Pd
NIP. 19651110 198901 1 005                                                             NIP.19670828 199003 2 006







iii


LEMBAR PENGESAHAN



Modul Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester Ganjil ini telah di setujui penggunaannya oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo pada tanggal  1  Juli 2012, sebagai salah satu bahan ajar penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.





\


                                                                                                       Probolinggo,  1  Juli  2012
Mengetahui                                                                              
Kepala SMA Negeri 1 Dringu                                                             Penyusun,


ADIN BUDI SATRIYO, S.Pd                                                              WIDIA MURNIASIH
NIP. 19651110 198901 1 005                                                            NIP.19731017 199803 2 006




ii






KATA PENGANTAR





Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Modul Ekonomi SMA kelas X  cetakan pertama semester Ganjil dengan lancar.
Modul ini kami susun dalam rangka pengembangan profesionalisme guru, terutama yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Dringu  Kabupaten Probolinggo.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan modul ini masih jauh dari sempurna. Hal ini mengingat keterbatasan pengetahuan dan kemampuan penulis sebagai manusia biasa. Oleh karena iu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, sehingga dapat menjadikan modul ini lebih baik.
Akhirnya penulis berharap agar modul Ekonomi bentuk SMA ini dapat berguna bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran.

                                                                                                                        Penyusun








iv




DAFTAR ISI








Cover
i
Lembar Pengesahan  
ii
Lembar Dokumentasi Perpustakaan           
iii
Kata pengantar             
iv
Daftar Isi                     
v
BAB I  KEBUTUHAN MANUSIA DAN KELANGKAAN

A.  Kebutuhan
1
B.  Kelangkaan
2
C.  Biaya
2
D.  Pilihan dan Pengalokasian Sumber Daya
3
Lembar Kompetensi Siswa
4
Tagihan Tes Tertulis
4
BAB II MASALAH POKOK EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

A.  Masalah Pokok Ekonomi
5
B.  Sistem Ekonomi
5
Lembar Kompetensi Siswa
6
Tagihan Tes Tertulis
6
BAB III KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

A.  Pola Perilaku Konsumen
9
B.  Pola Perilaku Produsen
10
Lembar Kompetensi Siswa
11
Tagihan Tes Tertulis
11
BAB IV PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN

A.  Permintaan
13
B.  Penawaran
14
C.  Harga Keseimbangan
15
D.  Golongan-golongan pembeli dan penjual
15
E.  Elastisitas
15
Lembar Kompetensi Siswa
16
Tagihan Tes Tertulis
16
BAB V PASAR

A.  Pengertian Pasar
19
B.  Struktur Pasar
19
C.  Pasar Persaingan Sempurna
19
D.  Pasar Persaingan Tidak Sempurna
20
E.  Pasar Faktor Produksi
21
Lembar Kompetensi Siswa
22
Tagihan Tes Tertulis
22
Daftar Pustaka



















v




BAB I
KEBUTUHAN MANUSIA DAN KELANGKAAN
Standar Kompetensi:
1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar:
1.1     Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2    Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan
         manusia yang tidak terbatas

Indikator:
1.      Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.      Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi kebutuhan.
4.      Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.      Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6.      Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

Pre Test :
1.      Sebutkan  kebutuhan primer siswa !
2.      Apakah setiap kebutuhan siswa sama dengan siswa yang lain ?

A.  KEBUTUHAN
1.   Pengertian Kebutuhan
Pada dasarnya kebutuhan dan keinginanlah yang melahirkan adanya kelangkaan.
·           Kebutuhan dapat diartikan hal yang sangat kita butuhkan dan tanpanya, aktivitas hidup kita akan terganggu bahkan mungkin kita takkan bisa hidup.
Atau dengan kata lain
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam rangka menyejahterakan hidupnya.

·           Keinginan merupakan suatu hal yang kita ingin miliki, namun bila kita tidak berhasil mendapatkannya, kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam.
·                          Cara pemenuhan kebutuhan
        Berusaha secara individu (perorangan) atau secara berkelompok (Kolektif)
             Pemenuhan kebutuhan tidak dilakukan secara sekaligus, tetapi
             Mendahulukan mana yang lebih penting.

 2.  Macam-macam Kebutuhan Manusia
  a. Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya (penting / tidaknya) lakmerdersier
1)Kebutuhan mutlak yaitu kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh
   setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Contoh : makan, minum,
   udara.
2)Kebutuhan primer yaitu kebutuhan pertama atau utama. Contoh : makanan,
   minuman, pakaian, kesehatan, rumah., dan pendidikan.
3)Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer
   terpenuhi. Contoh : mobil, TV.
4)Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer
   dan sekunder terpenuhi. Contoh : rumah mewah, kapal pesiar.

      b. Kebutuhan menurut waktunya (rangtang)
1)Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga,
   dan  tidak dapat ditunda. Contoh : obat bagi orang sakit, makanan bagi orang
   kelaparan
2)Kebutuhan masa yang akan datang yaitu kebutuhan yang pemenuhannya
   dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena tidak mendesak.
   Contoh : menabung

      c. Kebutuhan menurut sifatnya (jasroh)
 1)Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani
    atau  fisik, yaitu menjaga penampilan dan kesehatan. Contoh, istirahat,
    olahraga
 2)Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan yang bersifat rohani, berhubungan
   dengan kesehatan jiwa.Contoh, ibadah, sosialisasi, rekreasi dan hiburan

 d. Kebutuhan menurut subyeknya (indikol)
1)Kebutuhan individual. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan perseorangan
   atau individu. Contoh, Kebutuhan Sekretaris beda dengan kebutuhan tukang
   kayu dll.
2)Kebutuhan kolektif. Kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat
   dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Contoh : jalan, jembatan,
   rumah sakit.

3.  Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan (lambanmacadat)
a.Kondisi alam
b.Peradaban
c.Agama dan Kepercayaan
d.Adat istiadat

4.   Benda Pemuas Kebutuhan
    Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memuaskan
    kebutuhan manusia yang dapat berupa barang dan jasa.

   Jenis-jenis benda pemuas kebutuhan antara lain :
   a.Benda pemuas kebutuhan menurut cara mendapatkannya (ekobas)
1)Benda ekonomi
   Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang untuk
   Mendapatkannya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu.
   Pengorbanan itu biasanya berupa uang.Contoh, membeli makanan, minuman

2)Benda bebas
 Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah
 banyak (kalau tidak dapat dikatakan tidak terbatas) di alam. Contoh, Udara, air
 laut

  b.Benda pemuas kebutuhan menurut kegunaannya (konpro)
 1)Benda konsumsi
    Benda konsumsi adalah benda yang dapat langsung dipakai untuk memuaskan
    kebutuhan.Contoh, makanan, minuman 

 2)Benda produksi
    Benda produksi adalah benda yang digunakan untuk melaksanakan proses
    produksi, guna menghasilkan benda lain. Contoh, pabrik, mesin, komputer

  c.Benda pemuas kebutuhan menurut proses produksinya (Tahsetdi)
1)Barang mentah (bahan baku)
   Bahan mentah adalah bahan dasar atau bahan pembuat benda pemuas
   kebutuhan. Bahan mentah disebut juga dengan bahan baku, yaitu bahan yang
   sama sekali belum mengalami proses pengolahan.
   Contoh, Hasil Hutan : tanaman kapas

2)Barang setengah jadi
   Barang setengah jadi adalah hasil pengolahan bahan mentah, tapi belum
   menjadi produk akhir. Contoh,kapas diproses menjadi benang

3)Barang jadi
   Barang jadi adalah produk akhir setelah melalui proses pengolahan dari bahan
   mentah dan barang setengah jadi. Contoh, benang diproses menjadi kain lalu
   dijahit menjadi baju.

  d.Benda pemuas kebutuhan menurut hubungannya dengan benda lain
     (komplesub)
1)Benda komplementer
   Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat
   atau berguna jika dipakai bersama-sama dengan benda lainnya, atau dapat
   juga dikatakan bahwa benda tersebut akan mempunyai daya guna yang lebih
   tinggi bila dipakai bersama-sama dengan benda lainnya. Contoh, Bensin
   dengan sepeda motor / mobil , Kompor dengan gas elpiji

2)Benda substitusi
   Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat
   menggantikan benda lain atau saling menggantikan. Contoh, bahan Bahan
   Bakar Minyak / BBM (Bensin, solar, pertamax, minyak tanah) bisa diganti
   dengan BBG (Bahan Bakar Gas Elpiji) atau Biodiesel.

B.KELANGKAAN
1.Pengertian Kelangkaan
   Kelangkaan berarti masyarakat hanya mempunyai sumber daya terbatas sehingga
   tidak dapat menyediakan semua barang dan jasa sebanyak yang dibutuhkan.
   Sementara itu, menurut ilmu ekonomi pengertian kelangkaan dirumuskan sebagai
   berikut:
a.     Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan
manusia
b.    Terbatas dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnva

2. Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan
a. Kebutuhan manusia terus meningkat, sedangkan sumber daya alam yang baru
    belum ditemukan.
b.  Sebagian besar manusia memiliki sifat serakah, akibatnya persediaan sumber
daya alam cepat berkurang dan rusak.
c. Persediaan sumber daya alam terbatas.
d. Kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam terbatas.

C. BIAYA
1.Pengertian Biaya
   Biaya adalah segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan untuk
   memperoleh sesuatu. Biaya yang berhubungan dengan uang disebut sebagai
   biaya langsung.

2.Macam-macam Biaya
   a.Biaya Sehari-hari
      Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi
      kebutuhan hidup manusia yang vital.
      Ciri khas biaya sehari-hari:
1)Merupakan prioritas pengeluaran
2)Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda
3)Bila perlu mengorbankan kepentingan lain

 b.Biaya Peluang
    Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil
    sebuah pilihan. Berbeda dengan biaya langsung yang berhubungan dengan uang,
    biaya peluang tidak harus berupa uang.


   Ciri khas biaya peluang :
1)   Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan, dan Iain-Iain.
  2) Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.
  3) Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi
      individu.

D. PILIHAN DAN PENGALOKASIAN SUMBER DAYA
Intisari pengalokasian sumber daya adalah efisiensi dan pemerataan. Efisiensi menunjuk pada kondisi ideal ketika suatu masyarakat dapat memperoleh hasil atau manfaat maksimal dari penggunaan segenap sumber daya yang langka. Sedangkan pemerataan menunjuk pada kondisi ideal ketika penggunaan sumber daya yang langka terbagikan secara adil di antara segenap warga masyarakat.
Macam-macam Sumber Daya
a. Sumber Daya Manusia
    Sumber daya manusia disebut juga tenaga kerja (labour).
    Unsur-unsur pembentuk sumber daya :
     -Keahlian
     -Kejujuran dan keadilan
     -Kekuatan fisik
    Macam-macam tenaga kerja:
1)Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
    Tidak dibutuhkan pendidikan khusus untuk melakukan pekerjaan ini.
    Contoh : pesuruh, pembantu, kuli angkat, buruh.
2)Tenaga kerja terdidik dan terlatih
    Mereka memiliki keahlian dan pendidikan sesuai dengan bidangnya. Semakin
    ahli, semakin mahal harganya dan semakin sulit dicari. Contoh : pengacara,
    dokter, pilot.
    3)Tenaga kerja terlatih
 Mereka memiliki keterampilan di bidangnya. Tidak perlu pendidikan tinggi.
 Contoh : penjahit, juru ketik, pengemudi, juru gambar, tukang kayu.

b.Sumber Daya Alam
   Sumber daya aiam adalah benda dan kekuatan alam yang langsung atau tidak
   langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
   Contoh : hutan, air, tanah, barang tambang, dan Iain-Iain.

c.Sumber Daya Modal
   Modal menunjuk pada kontribusi terhadap kegiatan produksi yang diberikan oleh
   investasi (uang dan saham), fisik (pabrik, kantor, mesin, peralatan), dan manusia
   (human capital: pendidikan umum, pelatihan khusus).

    Macam-macam Modal :
    1)Modal menurut wujudnya
       a)Uang, merupakan modal berupa dana.
       b)Barang, merupakan alat yang digunakan untuk proses produksi, seperti
          gedung, alat transportasi, tanah, peralatan kantor, mesin.
    2)Modal menurut sifat (bagaimana modal itu dipakai)
       a)Modal tetap, adalah modal yang dapat dipakai lebih dari satu kali masa
          produksi. Contoh : mobil, gedung, mesin.
       b)Modal lancar, adalah modal yang sekali dipakai produksi langsung - habis.
           Contoh : kertas, bahan baku makanan.
    3) Modal menurut subyek (siapa yang memiliki)
a)modal perorangan, berarti modal tersebut hanya dimiliki satu orang.
   Misalnya modal berupa sewa tanah, upah, bunga deposito, dan Iain-Iain.
b)Modal kemasyarakatan, berarti modal tersebut berasal dari banyak orang
   dan untuk kepentingan orang banyak. Contoh : jembatan, jalan, Telkom,
   dan PDAM.

     4)Modal menurut bentuk (terlihat tidak)
        a)Konkrit (nyata), yaitu modal yang terlihat jelas dalam proses produksi.
           Contoh : uang, peralatan kantor, mesin, mobil.
        b)Abstrak, yaitu modal yang tidak terlihat, namun kegunaannya dapat
           dirasakan. Contoh : keahlian, pegawai, kecakapan bemegosiasi, citra
           perusahaan.
    5)Modal menurut sumber (milik sendiri/orang lain)
       a)Modal sendiri, yaitu modal yang dimiliki pribadi. Contoh : saham, tabungan.
       b)Modal pinjaman, yaitu modal yang dipe'roleh dari pihak lain. Contoh : kredit,
          utang.

LEMBAR KOMPETENSI SISWA
Tagihan Tes Tertulis
A.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Menurut   hubungannya   dengan  barang   lain   yang termasuk barang substitusi
    adalah ... (UN 1997)

2.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.     tenaga ahli kurang
2.     sumber daya alam melimpah
3.     penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi rendah
4.     kebutuhan manusia terbatas
5.     jumlah modal terbatas.
    Faktor-fakfor yang menyebabkan kelangkaan sarana pemuas kebutuhan
    adalah ... (UN 2000)

3.   Ahmad telah memiliki usaha toko bahan bangunan, kemudian mendirikan usaha baru di bidang jasa konstruksi. Motif yang mendorong Ahmad adalah ...
   
4.   Hal- hal yang tidak mempengaruhi kebutuhan manusia adalah ...(UN 2001)
    
5.   Sarjono setelah tamat SMP ditawari bekerja sebagai cleaning service dengan gaji Rp700.000,00 sebulan, tetapi setelah dipertimbangkan ia memilih meneruskan sekolah ke SMA swasta tertentu. Setelah dihitung-hitung biaya sekolah dan transportnya dalam sebulan sebesar Rp400.000,00 dan biaya bimbingan belajar sebesar Rp150.000,00 sebulan. Berdasarkan uraian di atas maka besarnya biaya peluang adalah.... (OSN kab/kota 2008)
   
6.   Here under is kinds of requirement:
1.     Primary requirement                   4. Luxuriant requirement
2.     Spiritual requirement                  5. Individual requirement
3.     Seconder requirement
    Kinds of requirement above which is classification pursuant to intensity is.... (OSN kab/kota 2008)
   
7.  Perhatikan kegiatan berikut ini :
1.     Sartono memutuskan untuk tidak jajan hari ini karena uangnya lebih baik
       untuk membeli buku pelajaran
2.     Toni selalu menonton sepak bola bila tim kesebelasan idolanya bertanding
3.     Petani memilih menanam kedelai pada musim tanam ini dan tidak menanam
       jagung
4.      Bu Siti setiap hari selalu memakan buah-buahan sesuai anjuran dokter
pribadinya
5.     Pak Cipto pergi ke kantor naik sepeda motor yang dibeli seminggu yang lalu
Kegiatan di atas yang merupakan biaya peluang adalah .... (OSN kab/kota 2006)

8.   Suatu kenyataan bahwa kebutuhan selalu lebih besar daripada sarana pemuas kebutuhan merupakan inti dari konsep ....
   
9.   Persediaan sumber daya alam di negara kita semakin langka, banyak hutan yang rusak karena pembalakan liar. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah....( (OSN kab/kota 2007)


10.    Di bawah ini beberapa masalah yang dihadapi oleh manusia:
1.     Ibu Sumarsih sedang berpikir barang apa yang akan diproduksi dalam rangka
    membuka usaha baru.
2.     Bapak Sumarso sedang memilih-milih barang apa yang akan ia beli sewaktu
     berbelanja di Super Mall
3.     Bapak Tinoto sedang menghitung-hitung berapa jumlah pesanan kue pada
    hari ini, sehingga ia dapat menentukan jumlah kue yang akan dibuat.
4.     PT Astra Motor sedang merencanakan bagaimana dapat memproduksi
    sepeda motor dengan harga di bawah Rp5.000.000,00 agar terjangka untuk
    masyarakat lapisan terbawah.
5.     CV Kenari sedang melaksanakan rapat pimpinan untuk memprediksi jumlah
    keuntungan yang akan diraih tahun ini.
      Masalah di atas yang merupakan permasalahan pokok ekonomi modern
      adalah....

11.    The price of oil increases from time to time due to not only its demand rises
    faster than its supply, but also because of the stock in the earth depletes. This
    depleting stock of oil is nothing but a concept of:( OSN Final 2006)

12.    Inti atau pokok permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh setiap masyarakat
atau suatu negara adalah masalah-masalah:

13.    An economic problem emerges when (as an example) a peasant or farmer:
                
14.    Scarcity of a commodity will economically and immediately cause….(OSN final 2007)

15. Seseorang yang kaya raya dikatakan menghadapi masalah ekonomi ketika ia….

16. Jas hujan akan berguna pada waktu musim hujan. Contoh di atas sesuai dengan
      kegunaan ...(UN 2003)

17. Cahaya matahari, udara, sabun cuci, gula pasir adalah contoh kebutuhan
      manusia ...(UN 2004)
     
18.    Menghabiskan atau mengurangi nilai barang dan jasa, merupakan ...

19.    Buatlah contoh biaya peluang untuk siswa ! ....

20.    Buatlah Teka Teki Silang Materi Bab 1 ( 5 mendatar dan 5 menurun tidak boleh sama dengan teman baik sekelas maupun antar kelas ) !

    
                                               

BAB II
MASALAH POKOK EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI
Standar Kompetensi:
1.   Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar:
1.1    Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan
       untuk siapa bafang diproduksi.
1.2    Mengidentifikasi hiiangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan
produksi di bidang lain.
1.3    Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.

Indikator:
1.Mengidentifikasikan barang apa, bagimana cara memproduksi dan untuk siapa
   barang diproduksi
2.Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
3.Mengidentifikasikan sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi
  (produksi, distribusi, konsumsi)

A.Masalah Pokok Ekonomi
1.Masalah Pokok Ekonomi Klasik
a.Pengertian
Masalah pokok ekonomi klasik adalah masalah ekonomi yang dilihat dari sudut paling sederhana yang bertujuan untuk kemakmuran. Kemakmuran adalah situasi dimana barang dan jasa yang dibutuhkan manusia telah tersedia. Pemecahan masalah ekonomi klasik adalah dengan melakukan apapun yang dianggap perlu agar kemakmuran tersebut dapat dicapai.
b.Macam-macam Masalah Ekonomi Klasik
1)Masalah Konsumsi
Masalah konsumsi adalah persoalan kebutuhan, selera, serta daya beli konsumen. Masalah konsumsi menyangkut permasalahan apakah benda pemuas kebutuhan yang diproduksi memang benda yang dapat dimiliki oleh konsumen.
2)Masalah Produksi
Adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua benda (barang dan jasa) yang dibutuhkan oleh orang banyak. Dasar pemikirannya di sini adalah melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum.
3)Masalah Distribusi
Adalah permasalahan bagaimana supaya benda-benda hasil produksi bisa sampai ke tangan konsumen yang membutuhkan.

2.Pokok Permasalahan Ekonomi Modern
Yang menjadi pokok permasalahan ekonomi di era modern adalah sebagai berikut:
a.Apa (What)
Dalam hal ini menyangkut barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi dan dalam jumlah berapa, hams ditentukan
b.Bagaimana (How)
Hal ini menyangkut cara bagaimana (how) proses produksi akan dilakukan. Maksudnya adalah siapa yang akan melaksanakan, menggunakan sumber daya apa saja, dengan teknologi apa barang-barang tersebut dihasilkan, seberapa besar skala produksinya?

MASALAH POKOK EKONOMI 
     1. Apa dan berapa (What ) yang harus diproduksi ?
     2. Bagaimana cara memproduksinya / Bagaimana cara membuatnya (How) ?
     3. Untuk siapa barang tersebut diproduksi ? (For Whom )

                          A  B U  =  2 W + 1 H

Beberapa faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan masalah tersebut adalah sebagai berikut :
1)   Pilihan kombinasi sumber daya yang digunakan, yaitu penggunaan sumber
daya alam, manusia, dan modal.
2)   Perencanaan proses produksi untuk mendapatkan keuntungan maksimum dengan biaya minimum.
3) Penentuan teknologi yang digunakan.
4) Pertimbangan faktor-faktor eksternal seperti harga, perekonomian nasional
    dan internasional, tingkat suku bunga, biaya produksi, inflasi, kurs valuta
    asing, dan sebagainya.

c.Siapa Pelaku Produksi (Who)
   Siapa pelaku produksi (swasta, pemerintah, koperasi) harus dipertimbangkan
   karena setiap pihak memiliki spesialisasi keterampilan atau keahlian yang
   tidak dimiliki oleh pihak lain.

d.Untuk Siapa (For whom)
   Dalam hal ini menyangkut untuk siapakah (for whom) barang dan jasa yang
   dihasilkan itu?

B.Sistem Ekonomi
Berikut ini beberapa sistem ekonomi yang pernah ataupun masih dipakai oleh negara-negara di seluruh dunia :

1.   Sistem Ekonomi Tradisional (Traditional Economy)
Dalam.sistem ekonomi ini, masyarakat yang bersangkutan memproduksi sendiri barang-barang yang mereka butuhkan dengan cara sederhana. Mereka tidak mengenal perdagangan, dan semua aktivitas dilakukan menurut adat-istiadat dan kebiasaan, serta turun-temurun.

Karakteristik sistem ekonomi tradisional:
a.Kegiatan ekonomi bertumpu pada sektor agraris.
b.Tidak mengenal teknologi. Kalaupun ada, sangat sederhana.
c.Rumah tangga produksi menyatu dengan rumah tangga konsumsi. Dengan kata
   lain, produsen mengkonsumsi sendiri barang produksinya.
d.Tidak mengenal spesialisasi.
e.Tidak mengenal perdagangan.

Berikut ini sisi positif dan sisi negatif dari sistem ekonomi tradisional.
o   Sisi Negatif
a.   Masyarakat berbuat hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup, tidak
     untuk meningkatkan kesejahteraan.
b. Tidak bertujuan mencari keuntungan.
c.  Menganggap tabu terjadinya perubahan, sehingga suiit untuk berkembang.
d. Tidak memperhitungkan efisiensi dan penggunaan sumber daya

o   Sisi Positif
a. Tidak terjadi persaingan karena semuanya dilakukan berdasarkan kebiasaan.
b. Anggota masyarakat tidak terbebani target tertentu karena kegiatan dilakukan
    hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

2.Sistem Ekonomi Terpusat (Government Planned Economy)
Sistem ekonomi terpusat merupakan suatu sistem dimana pemerintah memiliki kendali yang ketat dalam menentukan kepemilikan bisnis, laba, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan pemerintah.
Karakteristik sistem ekonomi terpusat:
a.   Pemerintah berkuasa penuh terhadap pengaturan produksi, distribusi, dan
     konsumsi.
b. Semua barang modal dan faktor produksi adalah milik pemerintah.
c. Tidak mengenal hal milik pribadi atau perorangan. Semuanya dibagikan oleh
    pemerintah.
d. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam
    kegiatan perekonomian.

o   Sisi Positif
a.   Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran, dan masalah
    ekonomi lainnya.
b. Pasar barang dalam negeri berjalan lancar.
c. Pemerintah bisa ikut campur dalam hal pembentukan harga.
d. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan yang merata.
e. Jarang terjadi krisis ekonomi.

o   Sisi Negatif
a.Mematikan inisiatif individu untuk maju.
b.Masyarakat tidak memiliki kebebasan untuk memiliki kekayaan dan sumber
   daya ekonomi.

3.Sistem Ekonomi Campuran (Mixed Economy System)
Kebanyakan negara menerapkan sistem ekonomi campuran, yaitu sistem ekonomi yang memadukan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.Dalam sistem ekonomi ini, pemerintah dan swasta mempunyai peranan yang berimbang dalam kegiatan ekonomi.
Karakteristik sistem ekonomi campuran
a.Gabungan dari sistem ekonomi terpusat dan sistem pasar.
b.Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai langsung oleh pemerintah.
c.Pemerintah melakukan intervensi dengan cara membuat peraturan, menetapkan
   kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan sektor swasta, dan
   sebagainya.
d.Peran pemerintah dan sektor swasta berimbang.

LEMBAR KOMPETENSI SISWA
Tagihan Tes Tertulis
A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Di daerah-daerah tertentu di Kabupaten Gunung Kidul (Prov. Daerah Istimewa
    Yogyakarta) dan di Kabupaten Timor Tengah Utara (Prov. Nusa Tenggara Timur)
    harga air bersih/minum relatif lebih mahal dibandingkan di daerah lain. Hal ini
    lebih disebabkan karena di daerah-daerah tersebut (Prov 2006)

2.   Nowadays, farmers in villages are facing difficulties to find out livestock wastes to fertilize their fields. This phenomenon reflects that:

3.   Tentukanlah mana di antara keadaan-keadaan di bawah ini yang mencerminkan masalah ekonomi:
a.rendahnya tingkat pendidikan penduduk dan produktivitas pekerja
b.usangnya mesin-mesin pabrik dan rendahnya kapasitas produksi
c.gencarnya penyelundupan barang dan peredaran uang palsu
d.tidak tercukupinya bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau
e.semua hal yang disebutkan di atas

4. The fundamental problem of economics is ….(Prov 2007)

5.   Pokok masalah ekonomi dalam masyarakat adanya keterbatasan sumber daya
     alam. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut
     ini, kecuali….(UN 2006)

6.   Masalah ekonomi modern adalah barang dan jasa apa yang akan diproduksi,
     bagaimana cara memproduksi dan ....

7.    Inti masalah ekonomi pada dasarnya bersumber dari adanya kebutuhan manusia
     yang tidak terbatas serta alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Cara mengatasi
     permasalahan tersebut yang tepat adalah….(UN 2007)
8.   Masalah ekonomi yang terjadi di pedesaan adalah sangat rendahnya daya beli masyarakat, karena rendahnya produksi dan harga hasil pertanian, dihadapkan
     dengan harga kebutuhan selain produk pertanian yang mahal dan kebutuhan
     lain (misalnya pendidikan dan kesehatan) yang mahal.
     Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan dengan beberapa cara berikut ini,
     kecuali ....

9.   Oil represent nature resource which cannot be innovated so that in a moment
                  will experience running out of it, so that to get oil fuel costed a big money.
                  Above is representing a picture of....(Cad OSN kab/kota)
                                                           
10. Below is some economic problem:
1.     Unlimited requirement of human being
2.     Satisfied appliance requirement is limited
      3.   Financial capital is a problem in developing country
      4.   Percapita earnings is still low
      Above problem which representing a fundamental problems of conventional
      economics is....

11. EBTANAS-SMA-97-21
Di bawah ini merupakan ciri-ciri sistem ekonomi;
1.  Belum ada pern bagian kerja
2.  Adanya pembagian kelas dalam masyarakat
3.  Pertukaran dilaksanakan dengan barter
4.  Adanya persaingan antara pengusaha
5.  Jenis produksi ditentukan sesuai kebutuhan
Yang merupakan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah ...

12.    EBTANAS-SMA-98-14

Yang  merupakan  ciri-ciri  sistem  ekonomi  Liberal adalah ...
 
         Matrik ciri-ciri sistem ekonomi sebagai berikut:
  1.  
A                                  B                                 C
1
Alat-alat produksi bebas dimiliki individu
1
Alat-alat produksi
dimiliki
Pemerintah
1
Alat-alat produksi vital dikuasai pemerintah
2
Pemerintah meng-atur tentang harga
2
Kebebasan dalam berusaha dan ber-saing
2
Potensi, inisiatif dan daya kreasi masyarakat di kembangkan
3
Pemerintah tidak turut campur tangan dalam perekonomian
3
Perekonomian menjadi tanggung jawab pemerintah
3
Hak milik individu
        
13.  UNAS-SMA-03-19
       Di bawah ini kebaikan dari sistem ekonomi yang berlaku di berbagai negara.
1.     Setiap individu bebas memilih pekerjaan sesuai dengan bakat dan
    kemampuannya.
       2.  Tidak ada kelas-kelas masyarakat, semua sama haknya.
       3.  Tidak akan terjadi konflik dan persaingan karena semua berjalan sesuai
             dengan kebijakan.
       4.  Dengan kebebasan, mendorong setiap orang mencari kemajuan.
       5.  Tiap  anggota  masyarakat  tidak  dibebani  dengan target yang harus dicapai.
       Yang merupakan kebaikan sistem ekonomi pasar adalah ...

14.    Jika perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat ditentukan oleh produsen dan konsumen maka perekonomian masyarakat tersebut menganut  sistem ekonomi ....(Olim 2006 Kab)
15. Di bawah ini beberapa masalah yang dihadapi oleh manusia:
1.   Ibu Sumarsih sedang berpikir barang apa yang akan diproduksi dalam rangka membuka usaha baru.
2.   Bapak Sumarso sedang memilih-milih barang apa yang akan ia beli sewaktu berbelanja di Super Mall
3.   Bapak Tinoto sedang menghitung-hitung berapa jumlah pesanan kue pada hari ini, sehingga ia dapat menentukan jumlah kue yang akan dibuat.
4.   PT Astra Motor sedang merencanakan bagaimana dapat memproduksi sepeda motor dengan harga di bawah Rp 5.000.000,00 agar terjangka untuk masyarakat lapisan terbawah.
5.   CV Kenari sedang melaksanakan rapat pimpinan untuk memprediksi jumlah keuntungan yang akan diraih tahun ini.
Masalah di atas yang merupakan permasalahan pokok ekonomi modern
adalah....(Olim kab/kota 2007)

16.    Perhatikan matrik di bawah ini:
      A
B
C
1.      Siapapun boleh mendirikan perusahaan.
2.       Di negara tersebut yang ada hanya perusahaan milik pemerintah.
1.  Setiap orang boleh memiliki apa saja yang ia kehendaki.
2.  Air, langit dan bumi beserta isinya adalah milik negara
1.     Setiap orang bekerja dan ditempatkan oleh pemerintah untuk kepentingan negara.
2.     Setiap orang berhak untuk mengembangkan diri seluas-luasnya.
       Berdasarkan tabel di atas yang merupakan ciri dari sistem ekonomi pasar
       adalah....

17.    Sistem ekonomi Indonesia sekarang ini tergolong sistem ekonomi campuran antara sistem ekonomi liberal yang kapitalis dan sistem ekonomi terpusat yang sosialis. Hal ini antara lain terlihat dari atau ditandai dengan... (Olim nasional)

18.    Sejak beberapa tahun belakangan ini berkembang wacana ekonomi kerakyatan. Ciri penting sistem ekonomi kerakyatan ialah: ... (Olim nasional)
Menangkap Peluang Bisnis dari Kemacetan Jakarta
        Kemacetan di Jakarta semakin parah. Jika hujan sebentar saja, arus kendaraan langsung macet. Namun bagi Mellisa Tamaka, pengusaha rental angkutan karyawan di Pondok Gede hal tersebut menjadi peluang usaha. Macetnya jalanan dijakarta akan semakin banyak orang yang biasanya memakai kendaraan sendiri, beralih memakai jasa angkutan karyawan. Hingga saat ini, sudah cukup banyak karyawan yang tinggal di pinggiran tetapi bekerja di Kota Jakarta yang telah menjadi pelanggan setia Mellisa. Para pelanggan ini sebenarnya sudah punya kendaraan pribadi. Tapi alasan mereka tidak mau repot, mereka pun beralih menggunakan jasa angkut karyawan.
        Mellisa mengawali bisnis ini hanya iseng mengajak beberapa kolega menumpang di mobilnya saat dia berangkat. Selang beberapa waktu naluri bisnisnya kemudian muncul. Dia lalu berpikir menambah penghasilan dengan cara mengangkut karyawan lain yang tidak repot dengan kemacetan. Dia mematok tarif Rp 350.000 pulang pergi per unit mobil. Dari harga itu, bagian untuk sopir Rp 50.000 hisngga Rp 100.000. Tarif tol dan bensin ditanggung penyewa. Tiap bulannya ia bisa mendapat minimal omzet Rp 2.100.000 dari usaha tersebut.(www.kuncibisnis.com)
    
19. Dari bacaan diatas, apakah termasuk ke dalam permasalahan ekonomi modern apa tradisional ?
20. Berikan alasannya !
21. Apakah Jadi pengusaha harus memiliki modal ! jika iya, apa saja modal yang diperlukan !
22.  Lihatlah sekeliling rumah dan sekolahmu, ide usaha apa yang layak untuk dimulai ?

BAB III
KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

Standar Kompetensi:
1.Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen
   dan produsen.
Kompetensi Dasar:
1.Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
2.Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram.
3.Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
Indikator:
1.Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang
2.Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
3.Mendeskripsikan teori peri laku konsumen (tabel dan grafik)
4.Mendeskripsikan teori peri laku produsen (tabel dan grafik)
5.Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram)
6.Mengidentifikasikan manfa at diagram interaksi pelaku ekonomi
7.Mendeskripsikan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
8.Memberi contoh penerapan prinsip ekonomi dan motif ekonomi pada kehidupan
   sehari-hari
9.   Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah,
  masyarakat luar negeri)
10.Menunjukkan contoh pelaku ekonomi di masya rakat (rumah tangga, peru sahaan, pemerintah, masyarakat luar negeri)

A.Pola Perilaku Konsumen
1.Pengertian Konsumsi
Asal kata konsumsi adalah consumptio yang berarti menggerogoti hingga habis atau menghabiskan. Secara luas konsumsi dapat diartikan setiap kegiatan yang mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa, contoh : makan dan minum.
  • Macam-macam barang yang dikonsumsi:
a.   Barang konsumsi yang dapat dipakai berulang-ulang sehingga mengurangi nilai guna barang. Contoh : menghidupkan televisi, memakai baju, dan Iain-Iain.
b.   Barang konsumsi sekali pakai lalu habis.
Contoh : minum es atau menggunakan sabun ketika mandi.
  • Ciri-ciri barang konsumsi
a.Barang itu dihasilkan oleh manusia dan bukan pemberian alam
b.Barang itu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bukan untuk
   menghabiskanbarang atau jasa lainnya.
c.   Barang itu habis atau berkurang nilainya secara berangsur-angsur sampai tidak
 dapat digunakan lagi.

2.Manfaat dan Nilai Barang
   Manfaat atau guna {utility) barang adalah kemampuan barang untuk memenuhi
   kebutuhan manusia. Nilai barang adalah ukuran yang diberikan oleh konsumen
   pada barang.Nilai atau manfaat barang digolongkan menjadi 2 macam, yaitu :
   a.Nilai Pakai
   Nilai pakai adalah kemampuan suatu barang untuk dapat dipakai dalam memenuhi
   kebutuhan.
1)Nilai pakai subjektif
   Artinya, atau nilai yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu barang karena
   barang tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
2)Nilai pakai objektif
   Artinya, kemampuan suatu barang secara umum untuk dipakai dalam
   memenuhi kebutuhan manusia. Nilai pakai objektif berlaku umum

b.Nilai Tukar
   Nilai tukar adalah kemampuan suatu barang untuk dapat ditukar dengan barang
   lain, baik ditukar dengan uang, ataupun dengan benda lainnya. Nilai tukar terdiri
   dari dua macam, yaitu :
        1)Nilai tukar subjektif
           Artinya, nilai tukar suatu barang yang dilihat menurut sudut pandang
           pemiliknya atau orang yang menukarkannya.
        2)Nilai tukar objektif
           Artinya, nilai tukar suatu barang yang berlaku secara umum. Dengan kata
           lain, nilai tukar yang dilihat dari sudut pandang barang itu sendiri.

  • Tinggi rendahnya nilai tukar suatu barang dipengaruhi oleh 3 hal:
a.Kegunaan
b.Jumlah barang yang tersedia
c.Jumlah uang yang beredar

          Pada tahun 1854 Herman Heinrich Gossen memperkenalkan bukunya yang
    berjudul Entwick lung der Gesetze des Mensilehen Verkehrs und der daraus
    fliessenden fur Menslisches Handeln. Buku ini menjadikannya sebagai pelopor
    teori guna batas dengan hukum-hukumnya sebagai berikut:
Hukum Gossen I
“Pemuasan kebutuhan dengan satu macam barang secara terus-menerus, mula-
 mula akan memberikan kepuasan atau utiliti yang semakin bertambah sampai
 titik tertentu, tetapi sesudah titik itu kepuasan akan menurun hingga sampai pada
 titik nol bahkan di bawah nol”. Hukum Gossen Juga disebut sebagai "Hukum
 Pertambahan Manfaat" yang makin menurun yang dikenal dengan analisis
 marginal.
Hukum Gossen II
Hukum Gossen II, yaitu tentang Hukum Meratakan Nilai Batas, yang berbunyi:
"Manusia berusaha memenuhi kebutuhannya yang bermacam-macam sampai
 kepada tingkat Intensitas yang sama".

3.Teori Pelaku Konsumen
  Teori pelaku konsumen disebut juga dengan teori nilai guna. Teori nilai guna
   pada dasarnya menjelaskan bagaimana konsumen mendayagunakan
   kemampuannya untuk memuaskan keinginannya terhadap suatu produk atau
  beberapa produk.
  Teori nilai guna dibagi menjadi:
a.     Teori Nilai Guna Kardinal
Teori ini bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan setiap konsumen bisa diukur dengan uang atau dengan satuan lain. Di sini juga berlaku hukum Gossen, sehingga penilaian yang diberikan juga subjektif. Artinya, tinggi rendahnya nilai suatu barang bergantung pada subjek yang memberikan penilaian.
Daya guna yang tinggi dapat dilihat dari tingkat kepuasan terhadap barang atau jasa. Tingkat kepuasan konsumen dapat berupa :
-Kepuasan total : kepuasan menyeluruh yang diterima individu apabila  mengkonsumsi sejumlah barang.
-Kepuasan tambahan : perubahan kepuasan total per unit akibat adanya perubahan jumlah barang atau jasa yang dikonsumsi.

b.Teori Nilai Guna Ordinal
   Teori ini diajukan oleh Hicks dan Allen yang menggambarkan kombinasi dari
   beberapa macam barang untuk menghasilkan kepuasan dengan intensitas
   (ukuran) yang relatif sama. Menurut teori ini, tingkat kepuasan diurutkan dalam
   tingkatan-tingkatan tertentu dengan harapan setiap kepuasan yang diperoleh
   dapat terukur.

Faktor yang mempengaruhi pola konsumsi
  • Faktor eksternal (PATMOSIPRISE)
a.Pendapatan/penghasilan                     c. Sikap dan kepribadian
b.Motivasi                                             d. Selera konsumen

  • Faktor internal (YATUSOSBAR)
a. Kebudayaan
b. Status sosial
c. Harga Barang

4.Pola Hidup Efisien dalam Perilaku Konsumsi
   Dalam perilaku konsumsi setiap orang harus bijaksana, artinya dalam   
   menggunakan penghasilannya harus menggunakan berbagai pertimbangan,
   antara lain :
a.Menyesuaikan kebutuhan dengan penghasilan
b.Mengurutkan kebutuhan menurut tingkat intensitas kepentingan
c.Memperhatikan antara kualitas barang yang dibeli dengan harga
d.Tidak memaksakan diri membeli barang di luar kemampuan
e.Tidak boros dalam menggunakan uang

  Adapun cara yang dapat dilakukan adalah :
a.     Menyusun daftar kebutuhan dari yang paling penting kepada yang kurang
penting dan membagi-bagi uang pada semua macam kebutuhan.
b.    Harus mendapatkan kepuasan yang sama dari berbagai macam kebutuhan
(semua kebutuhan dianggap penting sehingga diusahakan semuanya harus terpenuhi).
c.     Menggunakan uang seefisien mungkin.

   B.Pola Perilaku Produsen
   1.Pengertian Produksi
      Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang
      untuk memenuhi kebutuhan.
     Faktor produksi yang dibutuhkan dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a.     Sumber daya alam berupa tanah, air, udara, matahari, minyak dan gas bumi,
barang tambang, dan sebagainya.
b.    Sumber ekonomi berupa tenaga manusia, termasuk kemampuan fisik, mental,
keterampilan, dan keahlian.
c.     Sumber ekonomi buatan berupa barang modal, termasuk mesin, gedung,
kendaraan, dan sebagainya.
d.    Wirausaha (enterpreneurship), yaitu pemilik modal yang menjalankan usaha.

    2.Teori Produksi
       Teori produksi menerangkan sifat hubungan antara tingkat produksi yang akan
       dicapai dengan jumlah faktor-faktor produksi yang akan digunakan.
       Dalam hal ini dikenal dua konsep utama, yaitu :
a.Memproduksi output semaksimal mungkin dengan input yang tetap.
b.Memproduksi pada tingkat tertentu dengan biaya produksi serendah
   mungkin.

Konsep ini memiliki kelemahan yaitu :
a.     Produk yang dihasilkan kemungkinan melebihi permintaan pasar sehingga
produsen terpaksa menurunkan harga.
b.    Meningkatnya persediaan sehingga hams disimpan di dalam gudang dan berakibat meningkatnya biaya penyimpanan.

      3.Fungsi Produksi
Kegiatan produksi menyangkut dua persoalan utama, yaitu :
a.     Input (masukan) adalah segala sesuatu yang dimasukkan dalam proses
produksi. Input tersebut dikenal dengan istiiah faktor-faktor produksi.
b.    Output (keluaran) adalah hasil yang dikeluarkan proses produksi. Dalam hal ini output merupakan akibat.
Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi produksi adalah
hubungan fungsional yang terdapat antara input dan output.
Secara matematis, fungsi produksi dapat ditulis sebagai berikut:

Keterangan :
Q (Quantity)          = jumlah barang dan jasa yang dihasilkan
f (function)           = simbol persamaan fungsiona!
(C.L.R.T)               = sumber produksi (input)
C (Capital)            = modal (uang atau mesin-mesin)
L (Labour)             = tenaga kerja (SDM)
R (Resources)  = sumber daya alam
T (Technology) = teknologi dan keahlian

4.   The Law of Deminishing Marginal Return (Hukum Tambahan Hasil Lebih yang Semakin Berkurang)

LEMBAR KOMPETENSI SISWA
Tagihan Tes Tertulis
A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
  1.   Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi antara lain:
        1.motivasi                         3. Kepribadian                5. Lingkungan masyarakat
        2.sosial budaya                 4. Sikap hidup
        Yang termasuk faktor konsumsi intern adalah ...
2.   Masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi berperan sebagai konsumen dan pemasok barang dan jasa melalui kegiatan ….
3.  Berikut ini yang termasuk pelaku kegiatan ekonomi, kecuali ….
4.  Rumah tangga produksi disebut juga perusahaan atau ….
5.  Rumah tangga produksi berperan membantu dalam kegiatan-kegiatan pembangunan, seperti membuka lapangan kerja dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pernyataan tersebut merupakan peran rumah tangga produksi sebagai ….
                                                       
6.  Sewa, upah, bunga, laba

Faktor produksi
 
 


Arus barang jasa

Berdasarkan gambar di atas, pelaku ekonomi yang terlibat dalam perekonomian  adalah….
7.  Imbalan yang diterima oleh rumah tangga konsumsi karena telah menyerahkan modal ke rumah tangga produksi disebut ….
8.  Barang berguna bila digunakan ditempat tertentu sesuai dengan kebutuhan. Pernyataan tersebut merupakan manfaat suatu barang dalam hal …. utility
9.  Komputer meruupakan barang yang dibutuhkan oleh sekretaris. Hal tersebut merupakan contoh dari nilai ….
10.  Sebuah kamera merupakan sebuah alat untuk mendapatkan gambar dan dapat diganti dengan handy cam. Hal tersebut merupakan contoh dari nilai ….
11.  Manusia selalu berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam sehingga setiap kebutuhan yang dipenuhi dapat mencapai tingkat intensitas yang sama. Pernyataan tersebut merupakan bunyi dari ….
12.  Nilai guna marginal merupakan pertambahan nilai kepuasan yang didapat konsumen sebagai akibat dari ….
13.  Berilah  contoh perilaku konsumen yang didasari atas pertimbangan rasional adalah ….
14.  Teori produksi sederhana menggambarkan keterkaitan antara ….
15.   Keseluruhan hasil produksi yang diperoleh selama proses produksi disebut ….



16.  Perhatikan grafik fungsi produksi di bawah ini !
    TK                                                                         Jika kita menggunakan proses produksi
   15         P1                                                             dengan cara P3 inputnya adalah ….
   12                  P2                                                   
    9                              P3                                         

    3                                                P5  


         1   2  3  4  5  6  7  8  9  10   M

Tanah
TK
TP
MP
5 ha
1
5
5
5 ha
2
12
7
5 ha
3
21
9
5 ha
4
28
7
5 ha
5
33
5
17.  Perhatikan table berikut !
Berdasarkan table di samping hukum hasil
lebih yang semakin berkurang mulai berlaku pada saat jumlah pekerja ….



18.    Apabila I = jumlah barang yang dihasilkan, maka balas jasa (arus uang) yang diterima pemilik faktor produksi

        adalah ...(2003/2004)








19. Pasar Input              1
                                                                       2

                                                                       3
                                                          
                                                                       4
                                                                       5
                                   Pasar Output
           
Berdasarkan bagan di atas yang merupakan arus pendapatan masyarakat sebagai penerimaan atas penyerahan faktor produksi adalah ….
20.  Bagan interaksi rumah tangga produksi dengan rumah tangga konsumsi :

            Pasar output                                1
                                                               2

                                                               3

                                                               4
                       Pasar input                       5


Berdasarkan bagan di atas yang termasuk arus faktor produksi adalah ……


BAB IV
PERMINTAAN, PENAWARAN, HARGA KESEIMBANGAN PASAR

Standar Kompetensi:
1.   Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
     keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar:
1.Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
2.Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
3.Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
4.endeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
5.Mendeskripsikan pasar input.
Indikator:
1.Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
2.Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
4.Menunjukkan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam
   kehidupan di masayarakat
5.Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan
6.Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas
7.Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik,
   dan matematis
8.Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambar
   grafiknya
9.Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan

A. PERMINTAAN
1.Pengertian Permintaan
  Pengertian permintaan adalah kuantitas suatu barang ekonomi yang akan dibeli pada
  berbagai kemungkinan tingkat harga dalam periode tertentu di pasar.

2.Macam-Macam Permintaan
1) Permintaan efektif, merupakan permintaan konsumen terhadap suatu barang dan jasa
    yang disertai daya beli atau kemampuan membayar.
2) Permintaan potensial, merupakan permintaan konsumen terhadap suatu barang dan
    Jasa yang tidak disertai dengan daya beli atau hanya mendasarkan pada kebutuhan
    saja.
3)   Permintaan absolut
    Permintaan yang tidak diimbangi dengan kepemilikan uang atau hanya angan-angan

3.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan (Harbarpatinsejumpepan)
a. Harga Barang Itu Sendiri
b. Harga Barang Lain yang Berkaitan Erat dengan Barang Tersebut
c. Pendapatan Rumah Tangga dan Pendapatan Rata-Rata Masyarakat
d. Intensitas Kebutuhan
e. Selera Konsumen
f. Jumlah Penduduk
g. Perkiraan Mengenai Harga Masa Depan

4.Hukum Permintaan (dilihat dari sisi pembeli / konsumen)
   Dalam hukum permintaan dikatakan bahwa "Semakin rendah harga suatu barang maka
   semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga
   suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut". Ditinjau dari ilmu
   ekonomi, hukum tersebut cenderung tidak berlaku mutlak. Hukum permintaan dapat
   berlaku jika dalam keadaan ceteris paribus. Artinya, hukum permintaan dapat berlaku
   apabila faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tidak mengalami perubahan.



5.Kurva Permintaan
                            Tabel Permintaan Beras

Harga per Kg (P)
Permintaan Kg (Q)
A
Rp  1.800,00
10.000
B
Rp  1.600,00
15.000
C
Rp  1.400,00
20.000
D
Rp  1.200,00
25.000
E
Rp  1.000,00
30.000

      











       
     Grafik kurva permintaan beras  :

Text Box: Harga














    P(Price)       : harga                                            Q(Quantity):  kuantitas
    Garis OQ menunjukkan jumlah permintaan          Garis OP menunjukkan harga
    Garis DD menunjukkan kurva permintaan
    Kurva permintaan dalam gambar di atas tampak turun dari kiri atas ke kanan bawah
    (berlereng negatif).
6. Fungsi Permintaan
    Fungsi permintaan merupakan hubungan antara variabel harga (sesuatu yang
    mempengaruhi perubahan harga) dengan variabel jumlah barang atau jasa (sesuatu yang
    mempengaruhi perubahan jumlah barang atau jasa yang diminta).
    Secara matematis, fungsi permintaan tersebut dapat ditulis dalam bentuk berikut.
    Qd = -aP + b atau Qd= b-aP
    Fungsi Permintaan dan Penawaran dapat dicari dengan rumus :
  
   Ket :
   P 1   = Harga mula mula
   P 2   = Harga setelah perubahan
   Q 1  = Jumlah permintaan mula mula
   Q 2  = Jumlah barang setelah perubahan
B. Penawaran
1. Pengertian Penawaran
    Pengertian penawaran ada dua macam, sebagai berikut.
a.   Dalam pengertian khusus, adalah jumlah barang ekonomi yang ditawarkan pada harga dan waktu tertentu.
b.   Dalam arti luas, adalah jumlah suatu barang ekonomi yang tersedia untuk dijual di pasar


2. Hukum Penawaran
    Hukum penawaran menyatakan semakin tinggi tingkat harga suatu barang, semakin
    banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh pengusaha, dan semakin rendah harga
    suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Anggapan ini berlaku bila
    faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi penawaran dianggap konstan (ceteris paribus).

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran (Bitektunganghapantenjaksublahinricu)


g.Pajak dan Subsidi
h.Jumlah Perusahaan dalam Industri
i. Perubahan Harga Barang Lain.
j. Perubahan Harga Itu Sendiri
k.Keadaan Cuaca atau Iklim
 

a.Biaya Produksi.
b.Teknologi
c.Keuntungan
d.Kebutuhan Uang
e.Harga Masa Depan
f. Tujuan Tertentu

4.Kurva Penawaran
   Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga suatu
   barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan.Dari tabel daftar penawaran
   tersebut dapat kita gambarkan dalam bentuk kurva penawaran sebagai berikut.
   Tabel Penawaran  Beras

Harga per Kg (P)
Penawaran Kg (Q)
A
Rp                   1.800,00
30.000
B
Rp                   1.600,00
25.000
C
Rp                   1.400,00
20.000
D
Rp                   1.200,00
15.000
E
Rp                   1.000,00
10.000










    Grafik kurva penawaran beras  :

Text Box: Harga








   


    P(Price)       : harga                            Q(Quantity):  kuantitas
    Garis OQ     : jumlah penawaran          Garis OP    : harga
    Garis SS      : kurva penawaran
    Dalam kurva penawaran di atas nampak adanya garis miring dari kiri bawah
    ke   kanan atas (berlereng positif).


5.   Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran ini merupakan bentuk matematis untuk menyusun daftar penawaran pada berbagai kemungkinan tingkat harga. Bentuk umum fungsi penawaran adalah sebagai berikut.
Qs = bP + a atau Qs = a + bP
C. Ekuilibrium (keseimbangan pasar)
     Keseimbangan pasar adalah suatu keadaan dimana jumlah barang yang ditawarkan sama  dengan jumlah barang yang dibeli (diminta) dan harga penawaran sama dengan harga permintaan
     Tabel permintaan dan penawaran beras:

Harga per Kg (P)
Permintaan Kg (Q D )

Penawaran Kg (Q S )

A
Rp                   1.800,00
10.000

30.000

B
Rp                   1.600,00
15.000

25.000

C
Rp                   1.400,00
20.000

20.000

D
Rp                   1.200,00
25.000

         15.000

E
Rp                   1.000,00
30.000

10.000

  












           
    Gambar grafik kurva permintaan dan penawaaran barang beras:

Text Box: Harga









   P(Price)       : harga                                         Q(Quantity):  kuantitas
   Garis OQ     : jumlah permintaan/penawaran
   Garis OP      :harga                                          Garis DD menunjukkan kurva permintaan     
   Garis SS menunjukkan kurva penawaran
D.  Golongan-Golongan Pembeli dan Penjual
Pasar sebagai tempat bertemunya pembeli dengan penjual memiliki penilaian subyektif yang berbeda-beda. Mereka masing-masing mempunyai taksiran sendiri tentang harga benda yang akan dibeli atau dijual. Taksiran harga yang mereka inginkan dalam tukar menukar disebut harga subyektif.













1)  Pembeli supermarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di atas harga pasar.   
     Pembeli ini memiliki kelebihan kesediaan untuk membayar harga barang yang ada di
     pasar atau mereka yang menerima premi konsumen (Consumer's Rent).
2)   Pembeli submarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di bawah harga pasar. Pembeli ini tidak dapat ikut serta membeli barang.
3) Penjual supermarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di bawah harga pasar. 4) Penjual submarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di atas harga pasar.
5) Penjual marjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok sama dengan harga pasar. 
    Pembeli marjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli sama dengan harga pasar
6) Premi Produsen, yaitu penjual yang mendapat keuntungan.
7) Premi Konsumen, yaitu konsumen mampu membeli diatas harga pasar.

E.         Elastisitas
ü Adalah derajat kepekaan jumlah barang yang diminta/ditawarkan sebagai akibat perubahan pada harga barang tersebut

ü Macam-macam elastisitas (permintaan dan penawaran)
No
Hasil
Jenis Elastisitas
Contoh Barang
1
E > 1
Elastis
Kebutuhan lux / mewah
2
E <  1
Inelastis
Kebutuhan pokok/primer
3
E = 1
Uniter / normal
Kebutuhan sekunder
4
E = ~
Elastis sempurna
Kebutuhan dunia (gandum, minyak bumi)
5
E = 0
Inelastis sempurna
Kebutuhan tanah, air minum

ü Kurva elastisitas permintaan, penawaran dan koefisien elastisitasnya


Dimana E = Elastisitas
               Q= selisih jumlah barang
               P = selisih harga barang
               P = harga mula-mula
               Q= jumlah barang mula-mula
 



















LEMBAR KOMPETENSI SISWA
Tagihan Tes Tertulis
1.      Tabel harga. (2002/2003)
Harga
Permintaan
Penawaran
Rp3.000.000,00
Rp3.200.000,00
Rp3.500.000,00
Rp3.700.000,00
Rp4.000.000,00
800 unit
700 unit
600 unit
500 unit
400 unit
500 unit
550 unit
600 unit
650 unit
700 unit
        Berdasarkan tabel di atas, harga keseimbangan berada pada grafik ....
2. Perhatikan tabel berikut ini. (2002/2003)
    Berdasarkan tabel di atas, koefisien elastisitas permintaan sebesar ....

3. Berikut ini adalah faktor-faktor yang   mempengaruhi permintaan dan penawaran: (1997/1998)....
1.       intensitas kebutuhan
2.       biaya produksi
3.       pendapatan konsumen
4.       kemajuan teknologi
5.       tradisi/adat istiadat


4.  Perhatikan grafik di samping!
     Dengan bergesernya  kurva penawaran
    Dari SS → S1S1 maka harga keseimbangan
     yang baru  adalah ... (1997/1998)

 










5.   Pada harga Rp 2.500,00 jumlah barang yang diminta 250 unit, dan harga naik menjadi
      Rp 2.700,00 jumlah barang yang diminta sebanyak 210 unit. Dari data tersebut besarnya
 koefisien elastisitas permintaan adalah (1997/1998)

Harga Barang
Jumlah yang diminta
Rp 150,00 Rp 200,00
120 unit 100 unit
6.        Fungsi permintaannya ...
        (1997/1998)


7.       Sebuah fungsi penawaran dinyatakan 2QS = 6P – 10, di mana QS = jumlah barang yang   ditawarkan, dan P = harga barang. Jika harga (P) ditetapkan Rp 25,00 per unit, maka jumlah barang yang ditawarkan adalah ... (1997/1998)
     
8.       Berikut ini merupakan faktor-faktor mempengaruhi permintaan dan penawaran
1.       Harga barang                           4. Biaya produksi
2.       Tingkat pendapatan                  5. Teknologi
3.       Selera konsumen
     Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah ...(1998/1999)

9.       Perhatikan tabel berikut ini.(2002/2003)
Harga
Jumlah yang diminta
Rp8.000.000,00
Rp7.000.000,00
250 unit
300 unit
 Berdasarkan tabel di atas, koefisien elastisitas permintaan sebesar ....

10.   Buatlah kurva permintaan elastis sempurna (E = ~) ... (1998/1999)
Harga (P)
10
8
6
4
Jumlah Permintaan (Q)
10
16
22
28
11.   Buatlah fungsi permintaan

12.   Diketahui fungsi permintaan suatu barang Qd = –3 P + 30, dan fungsi penawarannya
     Qs = 3P – 15. Maka titik keseimbangan adalah ... (1998/1999)

13.   Pada harga Rp 3.000,00 jumlah barang yang ditawarkan 900 unit, sedangkan pada harga Rp 6.000,00 jumlah barang yang ditawarkan 1.800 unit. Berdasarkan data tersebut, elastisitas penawarannya adalah …(1999/2000)

14.   Sepuluh karung beras akan terjual bila harganya Rp 80.000.00/karung dan 20 karung akan terjual   bila harganya Rp 60.000,00/karung. Dari data tersebut fungsi permintaannya adalah...(1999/2000)

15.      Data permintaan buah jeruk di kota "Y" sebagai berikut
Bulan
Harga/kg
Jumlah permintaan
September Oktober
Rp 3.000,00
Rp 3.300,00
250 kg 330 kg
   Koefisien elastisitas permintaan buah jeruk tersebut adalah ... (1998/1999)

16.  Berdasarkan grafik di samping akibat pergeseran
      permintaan DD ke D'D1 dan penawaran dari SS ke
     S'S1, besarnya perubahan harga keseimbangan
      baru adalah ... (1999/2000)



 


17.  Berdasarkan grafik di atas fungsi penawarannya
      adalah ....(1999/2000)




 










18Grafik di samping menunjukkan kenaikan
       harga   karena ....(1999/2000)




 



19.  Jika fungsi permintaan adalah Qd = 250 – 0,5 P, sedang kan harga barang adalah Rp 150,00
      per kg, maka jumlah barang yang diminta adalah ....(2000/2001)

20.  Fungsi permintaan Qd = 100 – 2p . Hitung elastisitas bila harga berubah dari Rp 25,00 menjadi
      Rp 40,00!...(2000/2001)

21. Faktor-fektor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran adalah:
1.       Jumlah penduduk                                                      4.   Kemajuan teknologi
2.       Pendapatan                                                               5.   Persediaan sumber produksi
3.       Barang substitusi
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan  adalah ...(2001/2002)

22. Berikut data perubahan jumlah barang yang diminta dan perubahan harga:
H a r g a
Jumlah barang yang diminta
Rp 15.000,00
800 unit
Rp 12.500,00
1.200it
     Dari data di atas, koefisien elastisitas permintaan adalah ...(2001/2002)

23.Produk sepatu merk "PRIMA" di Pusat Grosir Cililitan bulan Februari 2009 mengalami penurunan
     harga dari Rp l20.000,00  menjadi Rp90.000,00 sehingga jumlah sepatu yang diminta naik dari 40
     unit menjadi 60 unit. Sepatu merk "PRIMA" memiliki permintaan yang bersifat....(2009/20100
24. Tabel permintaan arloji sebagai berikut;
Barang
Banyak arloji
Rp 30.000,00
10
Rp 20.000,00
20
Fungsi permintaan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....(2001/2002)

25.  Tabel penawaran atas barang "YY" sebagai berikut

Harga
Jumlah
Keadaan 1
Rp 7.000.00
6.000 satuan
Keadaan 2
Rp 5.000,00
5.000 satuan
Berdasarkan tabel di dtas, fungsi penawarannya adalah ...(2001/2002)

26. Berikut ini perubahan yang diminta akibat perubahan harga:
H a r g a
Jumlah yang diminta
Rp 1.500,00
800 unit
Rp 1.250,00
1.200 unit
      Dari data di atas, koefisien elastisitas permintaan adalah ...(2001/2002)

27. Harga barang X Rp 800,00 per unit jumlah permintaannya 120 unit, setelah harga naik menjadi
      Rp 1.000,00 per unit jumlah permintaannya menjadi 100 unit. Berdasarkan data di atas
      fungsi permintaannya adalah ...(2002/2003)


Pada kurva di bawah ini menggambarkan bahwa dengan adanya kenaikan biaya produksi, maka kurva penawaran (S),bergeser. Dampaknya terhadap kegiatan  ekonomi masyarakat ....(2002/2003)




 
28.







29.
Harga
Permintaan

Dari tabel data buku disamping buatlah kurva harga keseimbangannya ....(2002/2003)




 
Penawaran
350,00
12.000
2.000
400,00
10.000
3.000
450,00
8.000
5.000
500,00
6.000
6.000
550,00
5.000
7.000









   30.  Dari tabel di bawah  koefisien elastisitas perrnintaan adalah ...
Harga
Jumlah barang yang diminta
Rp 6.000,00
6 unit
Rp 7.200,00
6 unit
















BAB V
PASAR


Standar Kompetensi: 1.Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
                                      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar   : 1.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
                                   2.Mendeskripsikan pasar input.
Indikator                   : 1.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan
                                      sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)
                                   2.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input


A.Pengertian Pasar
ü  Sempit diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi barang atau jasa.
ü  Luas diartikan proses di mana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan.
ü  Umum diartikan tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga

B. Struktur Pasar
     Adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan
     Dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.



Pasar persaingan sempurna
 

Pasar persaingan tidak sempurna
 
Text Box: -  Persaingan monopolistik
- Oligopoli
- Duopoli
- Monopoli
- Monopsoni

 




C. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)
    Pasar persaingan sempuma adalah suatu bentuk struktur pasar yang bercirikan banyak
    pembeli, produk-produk yang homogen, pasar bebas untuk dimasuki atau ditinggalkan,
    dan pengetahuan pembeli dan penjual tentang pasar sempurna.

1. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
a. Penjual bebas keluar masuk pasar
b. Jumlah penjual dan pembeli banyak
c. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
d. Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar
e. Alat produksi dan faktor produksi bebas bergerak
f. Tidak ada campur tangan pemerintah

2.   Hal-hal yang Terjadi pada Pasar Persaingan Sempurna
     Berdasarkan ciri-ciri dan persyaratan pada pembentukan pasar persaingan sempuma berakibat sebagai berikut:
     a. Seorang produsen tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang berlaku.
     b. Persaingan yang terjadi adalah bebas, tidak ada saiing menekan antara sesama
         penjual, sesama pembeli, ataupun antara penjual dan pembeli.
c.   Kurva permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen merupakan garis lurus
     horizontal, artinya ia dapat menjual barang berapa pun jumlahnya tanpa mengakibatkan penurunan harga.
d. Keputusan yang dapat diambil oleh seorang produsen untuk memperoleh keuntungan maksimum adalah meningkatkan jumlah barang yang harus diproduksi/dijual.
3.  Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempuma
    a.Kebaikan Pasar Persaingan Sempurma
    1)Kepuasan konsumen maksimum karena bebas dalam menentukan pilihannya
    2)Keuntungan produsen juga maksimum karena ia bisa menjual barang sebanyak-
       banyaknya
    3)Produksi barang-barang yang diperlukan konsumen ongkosnya minimum
    4)Masyarakat merasa nyaman dalam membeli barang karena tidak ada kekhawatiran
       akan dibohongi dalam hal kualitas dan harga.

    b.Keburukan Pasar Persaingan Sempurma
    1)Perusahaan tidak mempunyai anggaran untuk mengadakan penelitian karena dalam
       jangka panjang hanya memperoleh keuntungan normal.
    2)Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih barang karena semua
    3)barang sama dan sejenis (homogen).
    4)Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.
    5)Pasar tradisional yang menjual berbagai bahan pokok.

4.Contoh bentuk pasar persaingan sempuma
 1)Pasar berbagai sayurmayur seperti wortel, buncis, cabai.
 2)Pasar buah seperti pisang, mangga, jambu, pepaya.
 3)Pasar tradisional yang menjual berbagai bahan pokok

D.Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market)
1.Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna
   Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak
   sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh
   satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa
   pembeli yang menguasai pasar.

2.Bentuk-bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a.Pasar Monopoli
1)Pengertian Monopoli adalah suatu kondisi pasar dengan jumlah penjual hanya satu orang.
   Seluruh penawaran yang ada dikuasai oleh satu penjual/produsen, sehingga perusahaan
   tersebut sekaligus merupakan pasar (industri). Produsen dalam pasar monopoli tidak
   mempunyai saingan.
   Sebab-sebab timbulnya monopoli:
   a)  Menguasai bahan mentah yang cukup strategis, Contoh: anggota OPEC bisa  
 memonopoli minyak.
b)   Pemberian hak monopoli oleh pemerintah, Contoh : hak yang diberikan kepada PLN
     menjadi monopoli.
c)   Memiliki hak paten, Contoh: Microsoft Comp menguasai hak paten sehingga bisa memonopoli pasar PC komputer.
d)   Pasar yang terbatas, Contoh: konsumen yang sedikit cukup diperlukan satu perusahaan. Satu perusahaan itu bisa memonopoli pasar. Yang dapat menentukan harga pasar dalam pasar monopoli adalah perusahaan yang bertindak selaku pemasok tunggal (monopoli).

2)Ciri utama pasar monopoli:
1)Hanya ada satu penjual yang berada di pasar
2)Perusahaan tersebut mempunyaj.kekuatan mengatur harga sesuai keinginannya
3)Ada hambatan (barrier to entries) yang tinggi bagi penjual lain untuk ikut memastiki pasar 4)Hanya ada satu produk di pasar (non-substitusi)

3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli
a)Kebaikan Pasar Monopoli
o     Karena menerima keuntungan di atas normal, monopolis dapat melakukan penelitian
       dan   pengembangan produknya.
  • Monopolis biasanya bekerja pada skala produksi besar, sehingga walaupun tidak berada pada biaya rata-rata minimum tetapi menjadi lebih efisien, karena unit yang diproduksi besar.
b)Keburukan Pasar Monopoli
  • Pasar monopoli menciptakan ketidakadilan dalam distribusi pendapatan masyarakat. Sebab, dalam jangka panjang, monopolis akan menerima keuntungan di atas keuntungan normal, sedangkan perusahaan di pasar lain hanya akan menerima keuntungan normal. Terdapat unsur eksploitasi, baik terhadap konsumen maupun pemilik faktor produksi. Konsumen membayar lebih tinggi di atas biaya produksi dari unit terakhir barangnya, sedangkan pemilik faktor produksi dibayar dengan harga lebih rendah dari harga barang.
  • Dalam pasar monopoli, jumlah barang yang ada seringkali diatur produsen.
  • Pasar monopoli menciptakan kesenjangan antara produsen dan konsumen dalam bentuk penguasaan pasar dan penentuan harga jual produk
  • Pasar monopoli menciptakan kesenjangan antara produsen dan konsumen dalam bentuk penguasaan pasar dan penentuan harga jual produk.
4)   Contoh pasar monopoli, yaitu air, listrik, jasa kereta api.

b.Pasar Oligopoli
  1)Pengertian Oligopoli
     adalah keadaan dimana hanya ada beberapa (misalnya antara 2-10)
     perusahaan/produsen yang menguasai pasar, baik secara independen (sendiri-sendiri)
     maupun secara diam-diam bekerja sama.
     Ada dua macam oligopoli yaitu:
a)      Oligopoli barang terdiferensiasi Oligopolis menjual barang sejenis, tetapi terdapat
     perbedaan-perbedaan pada mutu, merek, model dan Iain-Iain. Misalnya oligopolis
     barang-barang elektronik, mobil, motor dan Iain-Iain.
b)      Oligopoli barang homogen Oligopolis menjual barang sejenis yang hampir sama
     atau perbedaannya rendah. Misalnya oligopoli produk seng dan pipa.
2)Ciri-ciri pasar oligopoli:
a)Sedikit perusahaan dan banyak pembeli
b)Produk homogen (serba sama) atau dibedakan
c)Pasar yang sulit untuk dimasuki

3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Oligopoli
a)Kebaikan Pasar Oligopoli
 •Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan investasi besar untuk masuk pasar.
 •Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu.
 •Bila terjadi perarig harga, konsumen akan diuntungkan.

 b)Keburukan Pasar Oligopoli
 •Oligopolis sangat mungkin memperoleh keuntungan berlebihan.
   Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial.
 •Kemungkinan terjadinya ketidakefisienan produksi (pemborosan), karena oligopolis tidak
  beroperasi pada biaya rata-rata yang minintum.
 •Kemungkinan juga terjadinya eksploitasi terhadap konsumen dan buruh.
 •Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang munculnya inflasi yang kronis.   
 •Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan
  konsumen.
4)Kebijakan dalam mengatasi oligopoli
a)Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru dalam pasar untuk menciptakan
   persaingan.
b)Diberlakukannya UU anti kerja sama antarprodusen.

5)Contoh pasar oligopoli, yaitu pasar mobil, sepeda motor, semen, baja, aluminium, pembuatan pesawat terbang.

c.Pasar Duopoli
   Duopoli merupakan bentuk khusus dari pasar oligopoli yang di dalam pasar hanya ada
   dua perusahaan (penjual). Perusahaan yang beroperasi di pasar disebut duopolies.

d.Pasar Persaingan Monopolistik
1)Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
   Pasar persaingan monopolistik merupakan pertengahan dari pasar persaingan sempuma
   dan monopoli. Pasar persaingan monopolistik adalah bentuk pasar yang di dalamnya
   terdapat banyak penjual yang menjual produk sejenis tetapi sangat bisa dibedakan
   (terdiferensiasi) barang penjual yang satu dengan yang lain.

2)Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik
a)Persaingan mempromosikan penjualan sangat aktif
b)Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
c)Terdapat banyak penjual
d)Untuk masuk ke dalam industri relatif mudah
e)Barangnya bersifat berbeda corak

3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Monopolistik
a)Kebaikan Persaingan Monopolistik
o   Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempuma.
o   Memacu kreativitas produsen, karena harga sangat dipengaruhi diferensiasi produk. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.
b)Keburukan-Persaingan Monopolistik
o   Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk
o   Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi produk-produk yang telah ternama.

3)     Contoh pasar monopolistik, yaitu pasar novel, film, kaset, CD, sabun, sampo, rokok.

E. PASAR FAKTOR PRODUKSI (PASAR INPUT)
1. Pasar Tanah (Sumber Daya Alam)
    Teori sewa tanah :
a.     David Ricardo
Tinggi rendahnya sewa tanah akan ditentukan oleh kesuburan tanah
b.    Von Thunen
Tinggi rendahnya sewa tanah selain ditentukan oleh perbedaan kesuburan juga ditentukan oleh jarak tanah ke pasar
2.Pasar Tenaga Kerja (Sumber Daya Manusia)
   Teori Upah/Gaji
a.     David Ricardo (teori upah alam)
Besarnya upah buruh sama dengan biaya hidup minimum buruh sebesar keluarganya
b.    J.S. Mill (dana upah)
Besarnya upah ditentukan oleh dana upah yang tersedia dan jumlah buruh
c.     F. Lassale (Teori upah besi)
Besarnya upah rata-rata buruh terbatas sama dengan biaya hidup minimum buruh
d.    Von Thunen (Teori upah ethis)
Besarnya upah tergantung pada besarnya biaya pemeliharaan hidup dan besarnya produktivitas kerja buruh
e.     Karl Marx (teori upah lebih)
Tenaga kerja memiliki nilai tukar dan nilai pakai bagi pengusaha
f.     Clark (Teori produktivitas marginal)
Besarnya upah buruh tidak dapat melebihi produktivitas marginal dari kerja buruh.

3.   Pasar Modal (Sumber Daya Modal)
Teori bunga modal :
a.   J.B Say (Teori produktivitas)
     Bunga modal merupakan kontra prestasi karena modal itu dapat menghasilkan suatu
     produk / barang.
b. Nassau W Senior (teori penghormatan)
    Bunga modal merupakan balas jasa kepada pemiliknya karena ia telah melakukan
    Penghematan.
c. Von Bohn Bawerk
    Bunga modal yang didasarkan pada nilai uang
     d.J.M. Keynes (teori likuiditas)    
    Bunga modal merupakan balas jasa karena pemiliknya telah mengorbankan likuiditas
    (kemampuan untuk mengadakan pembayaran)

4.   Kewirausahaan / Pengusaha
Teori Laba pengusaha :
a.   Adam Smith   
Normal profit yang meliputi bunga modal milik pengusaha dan modal jasa
b.   J.B. Say
Laba pengusaha akan ditentukan oleh keahlian memimpin perusahaan 
c.   Von Thunen
     Laba pengusaha merupakan laba pengusaha setelah dikurangi pengeluaran
d.   Hawley
Laba pengusaha merupakan balas jasa yang diterima pengusaha atas resiko yang ditanggung
e.   J.Schumpeter
     Laba pengusaha merupakan balas jasa karena kemampuan pengusaha dalam
     Mengadakan kombinasi baru dalam proses produksinya.

   LEMBAR KOMPETENSI SISWA
   Tagihan Tes Tertulis
1. Perbedaan pasar oligopoli dengan pasar persaingan monopolistik berdasarkan produksi adalah
    pasar oligopoli..,.
 2.  Fungsi pasar input antara lain :
1.  Tempat memperoleh informasi tentang produk barang tertentu dan harganya
2.                Tempat memperoleh informasi adanya persediaan tenaga kerja dan peluang kerja
3.                Mempertemukan penjual dan pembeli faktor produksi alam
4.                Memudahkan perusahaan mendapatkan SDM yang berkualitas
       Yang merupakan fungsi
Faktor tenaga kerja adalah ....




 3. Berikut ini ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna:
1.      Penjual dan pembeli jumlahnya sedikit
2.      Barang yang dijual bersifat homogen
3.      Penjual dan pembeli bebas mengadakan perjanjian
4.      Pemerintah turut serta menentukan harga
Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah ...(1999/2000)
4. Tinggi rendahnya sewa dan harga tanah tidak hanya ditentukan oleh kesuburan tanah saja,
     tetapi ditentukan juga oleh letak tanah dari pasar. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ...
5. Di bawah ini ciri-ciri sektor usaha formal dan non formal:
1.    Tidak memerlukan ijin usaha
2.    Harus membayar pajak
3.    Usaha memerlukan modal yang relatif besar
4.    Administrasi atau pembukuannya sederhana Yang termasuk ciri sektor usaha formal adalah ...
6. Suatu pasar yang relatif banyak menghasilkan barang sejenis, tetapi ada unsur perbedaan antara
    satu dengan lainnya adalah pasar ...
7. Suatu pasar terdapat beberapa produsen yang menjual produk-produk yang mirip satu sama lain.
    Mereka mengadakan kerjasama di antara perusahaan yang ada di pasar. Contohnya: pasar jasa
    sambungan telepon selular di Indonesia. Hal tersebut adalah ciri dari pasar…
8. Pasar yang harganya ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran serta barang yang
    diperdagangkan homogen, akibatnya produsen dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga.
    Hal ini adalah ciri pasar ... .
9. Fungsi faktor produksi sebagai berikut:
1.    Memudahkan perusahaan mencari tenaga kerja sesuai keinginan.
2.    Memperlancar perluasan usaha.
3.    Membantu pemerintah dalam menghimpun dan mengalokasikan dana guna
       membiayai  pembangunan nasional.
4.    Mempertemukan penjual dan pembelifaktor produksi alam.
5.    Membantu Pihak yang kelebihan dana untuk memenfaatkanya dalam kegiatan produksi.
     Dari pernyataan tersebut yang termasuk fungsi faktor produksi modal adalah….
16.   Suatu pasar yang relatif banyak menghasilkan barang sejenis tetapi ada unsur pembeda antara
      satu dengan yang lainnya adalah pasar ... .
17.  

4. Tingkat kesuburan mempengarui
     harga sewa.
5. Permintaan datang dari konsumen
 
Perhatikan pernyatan pernyatan berikut:
      1.  Diperdagangkan barang dan jasa
      2.  Kurve berbentuk inelastic sempurna
      3.  Tempat kegiatan usaha
     
      Dari pernyataan tersebut yang merupakan ciri faktor produksi alam adalah ….


Daftar Pustaka


Alam. 2006. Ekonomi SMA untuk kelas X. Jakarta : Esis

Astuti , Tri. Modul Ekonomi kelas X semester gansal. butri.blogspot.com/2010/03/modul-ekonomi-sma-2010.html (diakses tanggal 16-03-2012)

Depdiknas,1993 s.d 2010 soal ujian nasional Ekonomi

Depdiknas,1997 s.d 1998 soal Olimpiade Ekonomi

Endro Sariono Slamet Subekti . 2007. Ekonomi SMA untuk kelas X. Jakarta : Ganeca Exact

Ritonga.2004. Ekonomi SMA untuk kelas X. Jakarta : Erlangga

Zamroni, M.2011. Ciamik Ekonomi SMA. Yogyakarta: Cabe Rawit


0 komentar:

Posting Komentar