Blog Archive

Kamis, 03 Desember 2015

A

Kebutuhan Manusia

Manusia memiliki banyak kebutuhan. Kebutuhan manusia berkembang seiring dengan pertambahan uisa dan perkembangan usia dan perkembangan zaman. Pada saat masih kecil, Anda belum membutuhkan kendaraan. Namun, saat masuk ke SMA, Anda membutuhkan kendaraan. Masih banyak lagi contoh kebutuhan yang dulu belum dibutuhkan manusia, namun sekarang menjadi kebutuhan.

Manusia selalu mengingkan semua kebutuhannya dapat terpenuhi. Namun, alat pemuas kebutuhan yang dimiliki manusia jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, manusia harus membuat skala prioritas terhadap kebutuhan yang akan dipenuhi. Manusia harus mendahalukan kebutuhan yang kan dipenuhi. Manusia harus mendahulukan kebutuhan yang mendesak dan penting. Hal tersebut dilakukan agar tercapai tingkat kepuasan yang maksimal. 

1. Mengapa kebutuhan manusia selalu meningkat ? Dapatkah seseorang memenuhi seluruh 
   kebutuhannya seperti yang diinginkan ? Berikan analisis Anda beserta penjelasan atau 
   alasan-alasannya !
2. Bagaimana pengaruh tingkat usia, tingkat ekonomi atau penghasilan, dan daerah tempat 
   tinggal terhadap kebutuhan seseorang ?
3. Mengapa tingkat usia, tingkat ekonomi, dan daerah tempat tinggal juga mempengaruhi 
   kebutuhan manusia ?




B

2/3 PENDUDUK DUNIA KRISIS AIR BERSIH 2020
Kebutuhan Air Bersih Masalah Serius

Sejumlah warga antre untuk mendapatkan air bersih dari mobil tangki milik Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) NTB di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Selong, Lombok Timur, NTB, Kamis (15/9). Sejak tiga bulan lalu sejumlah daerah di Pulau Lombok mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau yang terjadi di sebagian besar wilayah Lombok bagian selatan. Foto: Investor Daily/ANTARA/Ahmad Subaidi/ss/ama/11 
JAKARTA -  Air sangat penting bagi manusia dan pada 2020 dua per tiga dari tujuh miliar penduduk dunia diprediksi akan mengalami masalah pemenuhan air bersih. Karena itu pemenuhan kebutuhan air bersih merupakan masalah yang serius selain masalah makanan dan energi.Demikian dikemukakan Sesmenko Kesra, Indroyono Soesilo yang mewakili Menko Kesra pada penganugerahan lomba karya tulis dan foto jurnalistik Aqua di Jakarta, Rabu.

Lomba tersebut diselenggarakan Danone Aqua bekerja sama dengan Kantor Berita Antara. Pada kesempatan itu juga dihadiri Deputi VI bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup Ilyas Asaad, pimpinan Danone Aqua Parmaningsih Hadinegoro serta Direktur Utama LKBN Antara Ahmad Mukhlis Yusuf.

Indroyono mengatakan, karena kebutuhan air semakin besar dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kelestarian sumberdaya air harus terus dijaga sehingga generasi yang akan datang bisa terus mendapatkan air bersih.

"Kalau di hulu tidak dipelihara, hutan ditebang maka resapan air akan berkurang pada musim kemarau dan jika musim hujan akan terjadi banjir karena air tidak diserap oleh tanah," katanya.

“Karena itu konservasi hutan sebagai paru-paru dunia sangat penting dijaga untuk keberlanjutan ketersediaan air,” tambah Indroyono.

Begitu pentingnya masalah air bagi kehidupan manusia, sehingga pada 22 Maret 2012 juga akan ditetapkan sebagai Hari Air Dunia.

Dia mengatakan, untuk menggugah kesadaran masyarakat agar menjaga kelestarian sumberdaya air salah satunya dengan mengabadikan lewat foto dan tulisan tentang air seperti yang diselenggarakan Aqua dan Antara.

"Foto mempunyai kekuatan untuk mengubah sesuatu karena foto bisa berbicara banyak dibandingkan ribuan kata," tambah Indroyono. (gor/ant)
copyright ©2011 Investor Daily, All Rights Reserved
1.    Dari bacaan diatas, Apa akan benar-benar terbukti jika pada tahun 2020 penduduk bumi akan kekurangan air, berikan pendapatmu !
2.    Sebagai siswa langkah-langkah apa yang kamu lakukan untuk atasi hal tersebut !
3.    Apakah yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat menghadapi tahun 2020 ?




  C

1.  Mengapa kebutuhan setiap manusia berbeda ?
2.  Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi  kebutuhan manusia !
3. Mengapa sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa dikatakan terbatas !
4. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan !
5. Sebutkan penyebab timbulnya masalah ekonomi !
6. Sebutkan macam-macam kebutuhan beserta contohnya !
71. Jelaskan perbedaan Kebutuhan dan Keinginan serta berikan contohnya !
8. Jelaskan perbedaan biaya sehari-hari dan biaya peluang serta berikan contohnya !
9. Sebutkan pembagian benda-benda pemuas kebutuhan !
10. Apakah kamu pernah merasa bahwa semua kebutuhan telah terpenuhi ? Mengapa ?
11. Apa hubungan antara kenaikan harga BBM oleh Pemerintah dengan kelangkaan ?
12. Mengapa kelangkaan menjadi masalah ekonomi ?


KIRIM JAWABAN LEWAT EMAIL KE wwtwn39@gmail.com  (PALING LAMBAT HARI SABTU, 12 Desember 2015 JAM 00.00 WIB) jawaban tidak boleh sama.


がんばって ください
A = Tugas UH 1
B = Tugas UH 2
C = UTS
Siswa baru :
1. M.Iqbal Ulyl  A 
2.Sulaiman efendi
3. Muhammad Qufal







0 komentar:

Posting Komentar